Permasalahan yang dihadapi adalah pembelajaran tematik dengan pendekatan scientific di kelas IV masih menggunakan pendekatan yang lama dimana siswa menerima saja materi pelajaran tanpa menemukan sendiri sehingga mengakibatkan siswa pasif dan tidak serius dalam belajar. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan Pembelajaran Tematik Terpadu Dengan Menggunakan Pendekatan Scientific di Kelas IV SD Negeri 05 Malabur Kecamatan Ampek Nagari Kabupaten Agam. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (classroom action research). Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif sederhana. Data penelitian ini berupa informasi tentang proses dan data hasil tindakan yang diperoleh dari hasil pengamatan, hasil tes. Sumber data adalah proses pelaksanaan Pembelajaran Tematik Terpadu Dengan Menggunakan Pendekatan Scientific di Kelas IV SD Negeri 05 Malabur Kecamatan Ampek Nagari Kabupaten Agam. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV yang berjumlah 16 orang. Hasil penelitian yang dianalisis berdasarkan data kualitatif dan kuantitatif, menunjukkan bahwa pada siklus I nilai rata-rata siswa 71.25 dan meningkat pada siklus II dengan nilai rata-rata 88.75.
Copyrights © 2015