Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi telah membawa perubahan signifikan dalam kehidupan sehari-hari, salah satunya di bidang pendidikan. Namun, minat anak khususnya usia 3 tahun ke atas dalam belajar membaca semakin menurun, seiring dengan ketertarikan mereka pada teknologi ponsel yang lebih sering digunakan untuk bermain game, yang dapat mengakibatkan kecanduan dan penurunan pengetahuan mereka. Untuk mengurangi dampak negatif perkembangan teknologi dan meningkatkan minat belajar anak, diperlukan media pembelajaran yang interaktif dan menarik. Augmented Reality (AR) menawarkan solusi dengan memungkinkan integrasi objek maya 2D atau 3D ke dalam lingkungan nyata, sehingga meningkatkan pemahaman melalui visualisasi interaktif. Penelitian ini bertujuan mengembangkan aplikasi media pembelajaran berbasis Augmented Reality (AR) yang memperkenalkan berbagai jenis alat transportasi kepada anak usia dini. Metode penelitian yang digunakan adalah model linear sequential, yang meliputi analisis sistem, perancangan, implementasi, dan pengujian. Analisis sistem mencakup identifikasi kebutuhan fungsional dan nonfungsional, perancangan melibatkan pemrograman berorientasi objek dan desain antarmuka, sementara implementasi dilakukan menggunakan bahasa pemrograman C# dengan Unity dan Vuforia. Aplikasi diuji dengan metode black box testing untuk memastikan fungsionalitasnya. Diharapkan aplikasi ini dapat meningkatkan
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2025