Masalah yang dikemukakan penulis dalam penelitian adalah apakah kemampuan menulis karangan deskripsi dengan pendekatan lingkungan bagi siswa kelas IV SD Negeri 11 Pudung Kecamatan Ampek Nagari. Tujuan penelitian adalah diharapkan terjadinya peningkatan hasil belajar menulis karangan deskripsi dengan dendekatan lingkungan bagi siswa kelas IV SD Negeri 11 Pudung Kecamatan Ampek Nagari. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Penelitian tindakan ini dilaksanakan dalam dua siklus meliputi empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, refleksi. Peneliti bertindak sebagai penyaji dalam proses pembelajaran, sedangkan yang diteliti adalah siswa kelas IV SD Negeri 11 Pudung Kecamatan Ampek NagariĀ yang jumlah siswanya sebanyak 32 orang. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa terjadi peningkatan rata-rata hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri 11 Pudung Kecamatan Ampek Nagari yang pembelajarannya dengan menggunakan pendekatan lingkungan. Hal ini dapat dilihat dari nilai siswa yang diperoleh dari siklus I yaitu rata-rata nilai siswa 66,25 sedangkan pada siklus II nilai rata-rata siswa yaitu 80,31. Dari hasil penelitian tindakan kelas ini dapat diambil kesimpulan bahwa pembelajaran menulis karangan deskripsi dengan pendekatan lingkungan dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri 11 Pudung Kecamatan Ampek Nagari.
Copyrights © 2015