Dominasi guru dalam proses pembelajaran menyebabkan kecenderungan siswa lebih bersifat pasif sehingga mereka lebih banyak menunggu sajian guru daripada mencari dan menemukan sendiri pengetahuan dan keterampilan.Dalam proses pembelajaran, guru perlu menimbulkan aktivitas siswa dalam berpikir maupun berbuat.Pendekatan pembelajaran yang akan membuat siswa dapat belajar aktif, seperti pada Penelitian Tindakan Kelas ini dengan metode Problem Possingyangmenggunakan soal-soal. Soal-soal yang dapat dibuat oleh guru atau oleh siswa itu sendiri, kemudian soal tersebut diselesaikan oleh siswa itu sendiri atau bersama siswa lain.Dengan membuat atau menyelesaikan soal sendiri, kemampuan siswa dalam menerapkan konsep matematika dapat meningkat.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa efektif metode Problem Possing dalam meningkatkan hasil belajar dan aktifitas siswa Kelas XI IPA 2 di SMANegeri 5 Bukittinggi. Kesimpulan penelitian ini adalah hasil belajar siswa kelas XI IPA 2 di SMANegeri 5 Bukittinggi meningkat pada siklus I dengan nilairata-rata siswa adalah 67,8 dan pada siklus II adalah 77,6.
Copyrights © 2015