Penelitian ini dilatarbelakangi oleh banyaknya kesulitan belajar yang dialami oleh siswa kasus sehingga dia mengalami hambatan dalam memperoleh hasil belajar yang optimal.Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan secara jelas faktor-faktor penyebab kesulitan belajar yang dialami siswa kasus, kemudian merencanakan pemberian tindakan penanggulangan yang tepat melalui pemberian layanan Bimbingan Konseling yang tepat sehingga dapat meningkatkan motivasi belajar siswa kasus dalam belajar sehingga ia akan dapat berkembang secara optimal.Penelitian ini merupakan penelitian dalam bentuk studi kasus. Subjek penelitian adalah seorang siswa kelas VIII dengan inisial TT. Data penelitian diperoleh dengan mengumpulkan data melalui instrumen non tes yaitu AUM (Alat Ungkap Masalah) Umum, AUM PTSDL, Observasi, Wawancara, Sosiometri, Dokumentasi dan kunjungan rumah.Hasil dari penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan motivasi belajar siswa kasus dan perubahan sikap dan kebiasaan belajar serta perubahan pola sikap dan tingkah laku dalam berhubungan sosial dengan orang tua dan teman-temannya.
Copyrights © 2015