Jurnal Pelangi
Vol 8, No 1 (2015)

Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Kelas VI SD pada Materi Volume Kubus dan Balok dengan Menggunakan Alat Peraga Vokuba

sagita, novandra (Unknown)
Rusydi, Akhmad (Unknown)
Yani, Indri (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Dec 2015

Abstract

Materi volume kubus dan balok merupakan salah satu materi yang harus dikuasai oleh siswa sekolah dasar. Namun, siswa sekolah dasar cenderung menghafal rumus volume kubus dan balok tanpa mengerti konsep didalamnya. Oleh karena itu, dibutuhkan alat peraga dalam proses pembelajaran sebagai bentuk konkret untuk menanamkan pemahaman konsep pelajaran kepada siswa sehingga dapat meningkatkan hasil belajar. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui ada atau tidaknya peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa kelas 5 SD pada materi volume kubus dan balok setelah menggunakan alat peraga vokuba. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan desain penelitian yaitu one group pretest-postest yang dilaksanakan di salah satu SD Negeri Curugsangereng kelas 5. Hasil dari penelitian ini adalah rata-rata peningkatan hasil belajar siswa yang menggunakan media alat peraga vokuba yaitu sebesar 0.56 yang termasuk dalam peningkatan dalam kriteria sedang.

Copyrights © 2015