JATI (Jurnal Mahasiswa Teknik Informatika)
Vol. 9 No. 1 (2025): JATI Vol. 9 No. 1

ANALISIS SENTIMEN BERBASIS ASPEK PADA SISTEM LAYANAN PENGADUAN MASYARAKAT DI KOTA SURABAYA MENGGUNAKAN METODE LATENT DIRICHLET ALLOCATION DAN NAÏVE BAYES

Atmaja, Ferdy (Unknown)
Agussalim, Agussalim (Unknown)
Dyar Wahyuni, Eka (Unknown)



Article Info

Publish Date
22 Dec 2024

Abstract

Sistem layanan pengaduan masyarakat menjadi salah satu sarana penting bagi pemerintah kota untuk menerima, memproses, dan menindaklanjuti berbagai keluhan warga. Namun, peningkatan volume data pengaduan di Kota Surabaya menjadi tantangan dalam pengelolaan manual yang kurang efektif. Analisis mendalam terhadap data pengaduan diperlukan untuk memahami opini masyarakat terhadap kualitas layanan. Penelitian ini bertujuan untuk melakukan analisis sentimen berbasis aspek terhadap data aduan. Penelitian dilakukan dengan memanfaatkan metode Latent Dirichlet Allocation (LDA) untuk mengidentifikasi aspek utama keluhan dan menggunakan Multinomial Naïve Bayes (MNB) untuk mengklasifikasikan sentimen. Data yang digunakan terdiri dari 10.847 pengaduan yang dikumpulkan melalui aplikasi WargaKu dan Media Center sepanjang tahun 2023. Metode LDA berhasil mengidentifikasi 17 topik utama, termasuk administrasi, infrastruktur, dan informasi publik. Selanjutnya, Model MNB mencapai akurasi 80% setelah penerapan resampling, membuktikan keandalannya dalam klasifikasi sentimen. Hasil penelitian memberikan wawasan yang relevan untuk membantu pemerintah kota memprioritaskan perbaikan pada isu utama serta menawarkan pendekatan yang dapat diadopsi oleh sistem pengaduan serupa

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jati

Publisher

Subject

Computer Science & IT

Description

Adalah jurnal mahasiswa yang diterbitkan oleh Teknik Informatika Institut Teknologi Nasional Malang, sebagai media publikasi hasil Skripsi Mahasiswa Teknik Informatika ke khalayak luas, diterbitkan secara berkala 6 kali setahun pada bulan Februari, April, Juni, Agustus, Oktober, ...