Indonesian Journal of Social and Educational Studies
Vol 5, No 2 (2024): Indonesian Journal of Social and Educational Studies

Pengaruh Model Latihan Praktek Padat dan Metode Praktek Distribusi Ditinjau dari Kepercayaan Diri terhadap Keterampilan Smash Bulutangkis PB. Mandar

Tanda, Muhammad Rafly (Unknown)
Adil, Ahmad (Unknown)
Kamaruddin, Ilham (Unknown)
Hasmyati, Hasmyati (Unknown)
Hudain, Muh Adnan (Unknown)
Sudiadharma, Sudiadharma (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Nov 2024

Abstract

Abstrak. Penelitian ini menggunakan penelitian eksperimen. dengan rancangan factorial 2x2 untuk membandingkan hasilnya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Data dalam penelitian ini menggunakan kuesioner validasi untuk melihat Tingkat kepercayaan diri, serta melakukan test keterampilan pukulan smash bulutangkis untuk mengukur Tingkat kemampuan dengan total 40 sampel. Dari hasil yang di dapatkan 40 sampel tersebut dibagi menjadi dua kelompok, 1). Metode Latihan praktek padat sebanyak 20 sampel dan, 2) metode Latihan praktek distribusi sebanyak 20 sampel. Kemudian disetiap kelompok dibagi menjadi dua kelompok masing-masing 10 sampel kepercayaan diri tinggi dan rendah. Kemudian kedua kelompok tersebut dibagi menjadi dua untuk dibandingkan. Dari hasil penelitian ini didapatkan Kesimpulan metode Latihan yang efektif dalam meningkatkan keterampilan pukulan smash bulutangkis, yaitu dengan metode Latihan praktek padat pada Tingkat kepercayaan diri tinggi dengan nilai tObservesi 30.3, dengan Tingkat probabiltas 0,000 lebih kecil dari 0,05 (0,000< 0,05). Dengan H0  ditolak dan H1 diterima.  Sehingga dapat disimpulkan bahwa metode Latihan praktek padat lebih efektif dalam meningkatkan kemampuan smash. Kata Kunci: Smash, Kepercayaan diri, Metode latihan

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

ijses

Publisher

Subject

Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Indonesian Journal of Social and Educational Studies welcomes any research papers on education and social sciences using techniques from and applications in any technical knowledge domain: original theoretical works, research reports, social issues, psychological issues, curricula, learning ...