Penilaian merupakan elemen penting dalam sebuah proses pembelajaran. Bila proses pembelajaran memiliki sumbangsih besar dalam meningkatkan dan mengembangkan aspek spiritual peserta didik, maka evaluasi berfungsi dalam menyalurkan informasi untuk memberikan penilaian terhadap keberhasilan belajar peserta didik. Tanpa proses evaluasi, maka informasi tentang pelaksanaan pembelajaran peserta didik tidak akan diperoleh. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pertama, rencana evaluasi pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti (PAI-BP) kelas XII di SMA N 2 Plus Panyabungan. Kedua, mengetahui penerapan evaluasi pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti kelas XII di SMA N 2 Plus Panyabungan. Ketiga, mengetahui hasil dari evaluasi pembelajaran mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti kelas XII di SMA N 2 Plus Panyabungan dan feedback yang diperoleh. Penelitian ini berjenis kualitatif dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Data yang ditemukan diolah dan dianalisis secara induktif. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, dokumentasi dan observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada tahap perencanaan evaluasi dirumuskan dalam bentuk rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) yang menetapkan metode penilaian pada ranah kognitif, afektif, dan psikomotorik. Secara umum pelaksanaan evaluasi pembelajaran mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti telah berjalan sesuai dengan rencana dan rumusan yang telah ditetapkan dalam RPP. Namun dalam proses evaluasi masih belum dapat menyeimbangkan antara nilai kognitif, afektif dan psikomotorik dalam menginput nilai pada rapor.
Copyrights © 2024