Journal of Vocational and Technical Education (JVTE)
Vol. 7 No. 1 (2025): March

EFEKTIVITAS PjBL UNTUK MEWUJUDKAN PROFIL PELAJAR PANCASILA SEBAGAI BEKAL MENGHADAPI INDUSTRI 4.0

Zahroh, Fatmah Lailatul (Unknown)
Dewanto, Dewanto (Unknown)



Article Info

Publish Date
15 Jan 2025

Abstract

Pendidikan Vokasi khusunya SMK mencetak siswanya agar lulus siap kerja pada Dunia Usaha dan Dunia Industri (DUDI). Industri saat ini mulai memasuki era revolusi 4.0. Hal ini memerlukan persiapan yang sistematis, dan totalitas. Persiapan tersebut diatur dalam kurikulum Merdeka dengan menyungsung program “Profil Pelajar Pancasila” dan memberikan model pembelajaran project based learning. Hal ini sangat relevan sebagai bekal menghadapi industri 4.0. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimanakah pengaruh penerapan PjBL terhadap pengembangan karakter Profil Pelajar Pancasila seperti beriman, bertakwa kepada Tuhan YME dan berakhlak mulia; mandiri; bergotong royong; berkebhinekaan global; bernalar kritis; dan kreatif, serta mengetahui relevansinya terhadap tuntutan industri 4.0 dalam aspek soft skill. Metode yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif eksperimental, terdapat kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa angket dan observasi. Hasil analisis menggunakan SPSS for windows, pengaruh penggunaan PjBL terhadap PPP siswa SMK menunjukkan bahwa nilai uji T menghasilkan tingkat signifikansi 0,0029. Hal ini menyatakan bahwa pembelajaran PjBL berpengaruh secara signifikan terhadap pengembangan PPP siswa SMK terutama pada tekanan sintaks Menyusun rencana dan membuat jadwal, dan pengerjaan dan monitoring proyek. Melalui karakter PPP terdapat beberapa penelitian yang menyatakan bahwa industri 4.0 menuntut beberapa aspek soft skill seperti berpikir kritis, pemecahan masalah, kreatif, kemampuan komunikasi, kecerdasan emosional, dll.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

JVTE

Publisher

Subject

Education Engineering

Description

JVTE focuses on topics related to learning, evaluation, curriculum, management and policy on technology and vocational education including electrical engineering education, mechanical engineering education, civil engineering education, automotive engineering education, informatics engineering ...