Progressa: Journal of Islamic Religious Instruction
Vol. 8 No. 2 (2024): Agustus

Peran Guru dalam Mengatasi Bullying di SMP Negeri 9 Kota Mojokerto Jawa Timur

Aziz, Abdul (Unknown)



Article Info

Publish Date
15 Aug 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peran guru dalam mengatasi bullying di SMP Negeri 9 Kota Mojokerto, Jawa Timur. Meningkatnya kasus bullying di sekolah yang mengganggu kenyamanan dan prestasi belajar siswa menjadi kondisi yang harus mendapatkan perhatian serius. Guru sebagai salah satu pihak yang paling berperan di lingkungan sekolah perlu memiliki strategi efektif dalam menghadapi masalah tersebit. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Data dikumpulkan melalui wawancara dengan beberapa guru, siswa, kepala sekolah, serta observasi langsung terhadap aktivitas di sekolah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru di SMP Negeri 9 Mojokerto telah melakukan berbagai upaya dalam mengatasi bullying, seperti memberikan pemahaman tentang dampak bullying, menerapkan peraturan sekolah yang tegas, dan menciptakan suasana belajar yang penuh kasih sayang. Namun, tantangan yang dihadapi adalah kurangnya kesadaran dari sebagian siswa tentang pentingnya menghormati sesama. Oleh karena itu, diperlukan upaya lebih dalam meningkatkan keterlibatan siswa dan orang tua dalam mendukung penangan bulliying di sekolah.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

pgr

Publisher

Subject

Religion Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

Progressa, a periodic scientific publication since 2017 published 2 (two) times a year using a peer-reviewed system in article selection. Scientific work on research results, surveys, and literature review closely related to the field of Islamic religious education viewed from various perspectives: ...