Jurnal Economica: Media Komunikasi ISEI Riau
Vol. 12 No. 2 (2024)

PENGARUH PENGEMBANGAN WISATA HALAL DAN TERHADAP MINAT WISATAWAN BERKUNJUNG KE DUMAI ECOPARK DALAM PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM

Adawiyah, Robiyatul (Unknown)
Syahpawi, Syahpawi (Unknown)
Andrini, Rozi (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Jan 2025

Abstract

Wisata halal telah menjadi tren signifikan dalam industri pariwisata global sejak diperkenalkan oleh Organisasi Pariwisata Dunia (UNWTO) pada konferensi tahun 1967 di Cordoba, Spanyol. Indonesia, sebagai negara dengan populasi Muslim terbesar di dunia, memiliki potensi besar untuk mengembangkan pariwisata halal. Penelitian ini bertujuan menganalisis pengaruh pengembangan wisata halal dan promosi terhadap minat wisatawan berkunjung ke Dumai Ecopark dalam perspektif ekonomi Islam. Metode penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan analisis regresi, berdasarkan data primer dari kuesioner dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial, pengembangan wisata halal berpengaruh positif dan signifikan dengan T hitung 9.580 lebih besar dari T tabel 1.660, dan promosi memiliki pengaruh positif signifikan T hitung 14.514 lebih besar dari T tabel 1.660 . Secara simultan, kedua faktor ini memberikan kontribusi sebesar 71,1% terhadap minat wisatawan, dengan nilai Fhitung 104,349 lebih besar dari Ftabel 3.09. Meskipun Dumai Ecopark telah menyediakan fasilitas halal seperti mushola dan makanan bersertifikat halal, masih diperlukan peningkatan fasilitas dan strategi promosi yang lebih optimal untuk menjangkau audiens yang lebih luas. Penelitian ini memberikan rekomendasi strategis bagi pengelola Dumai Ecopark dan pemerintah dalam mendukung pengembangan sektor pariwisata halal yang berkelanjutan dan inklusif Kata Kunci : Pengembangan, Wisata Halal, Dumai Ecopark

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

economica

Publisher

Subject

Decision Sciences, Operations Research & Management Economics, Econometrics & Finance

Description

Jurnal Economica menerbitkan artikel bidang ekonomi seperti berikut, namun tidak terbatas pada: Sosial Ekonomi Ekonomi Kreatif Ekonomi Pembangunan Pemasaran Manajemen Kebijakan Publik Akuntansi Keuangan e-commerce Bisnis Internasional ...