JURNAL INOVASI PENDIDIKAN DAN PEMBELAJARAN SEKOLAH DASAR
Vol 8, No 2 (2024): JIPPSD (In Progress for August - December)

Pengaruh Language Experience Approach Berbantuan Media BigBook Terhadap Peningkatan Literasi Awal Siswa Sekolah Dasar

Nurmahanani, Indah (Unknown)



Article Info

Publish Date
17 Dec 2024

Abstract

Penelitian ini didasarkan pada siswa yang mengalami kesulitan membaca permulaan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kemampuan siswa membaca permulaan sebelum menggunakan language experience approach berbantuan media bigbook; kemampuan siswa untuk membaca permulaan setelah menggunakan language experience approach berbantuan media bigbook; dan pengaruh language experience approach berbantuan media bigbook terhadap kemampuan siswa dalam membaca permulaan. Sampel penelitian adalah siswa kelas II SD di Purwakarta, dan jenis penelitian yang digunakan adalah quasi eksperimen yang tidak   sebanding dengan kelompok kontrol. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah quasi-experimental non-equivalent control group design, dengan sampel penelitian ini adalah siswa kelas II SD di Purwakarta. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan: 1) nilai rata-rata pada pretest kelas eksperimen dan kelas kontrol berkategori rendah, dan tidak tada perbedaan nilai rata-ratanya;2) setelah diterapkan language experience approach berbantuan media gambar berseri, terdapat perbedaan pada hasil posttest kelas eskperimen dan kelas kontrol. Kemudian terdapat peningkatan nilai posttest pada kelas eskperimen. Hal tersebut dilihat dari hasil analisis deskriptif dan analisis inferensial, namun nilai rata-rata masih berkategori rendah; 3) Terdapat pengaruh yang kuat terhadap kemampuan membaca permulaan siswa setelah menerapkan language experience approach berbantuan media bigbook.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jippsd

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Inovasi Pendidikan dan Pembelajaran Sekolah Dasar (JIPPSD) merupakan wahana publikasi hasil penelitian dan kajian ilmiah dosen, praktisi, pakar pendidikan, dan artikel tesis serta disertasi mahasiswa yang memiliki kepedulian tinggi terhadap kemajuan dan inovasi pendidikan dan pembelajaran ...