Penelitian ini didasarkan pada siswa yang mengalami kesulitan membaca permulaan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kemampuan siswa membaca permulaan sebelum menggunakan language experience approach berbantuan media bigbook; kemampuan siswa untuk membaca permulaan setelah menggunakan language experience approach berbantuan media bigbook; dan pengaruh language experience approach berbantuan media bigbook terhadap kemampuan siswa dalam membaca permulaan. Sampel penelitian adalah siswa kelas II SD di Purwakarta, dan jenis penelitian yang digunakan adalah quasi eksperimen yang tidak sebanding dengan kelompok kontrol. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah quasi-experimental non-equivalent control group design, dengan sampel penelitian ini adalah siswa kelas II SD di Purwakarta. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan: 1) nilai rata-rata pada pretest kelas eksperimen dan kelas kontrol berkategori rendah, dan tidak tada perbedaan nilai rata-ratanya;2) setelah diterapkan language experience approach berbantuan media gambar berseri, terdapat perbedaan pada hasil posttest kelas eskperimen dan kelas kontrol. Kemudian terdapat peningkatan nilai posttest pada kelas eskperimen. Hal tersebut dilihat dari hasil analisis deskriptif dan analisis inferensial, namun nilai rata-rata masih berkategori rendah; 3) Terdapat pengaruh yang kuat terhadap kemampuan membaca permulaan siswa setelah menerapkan language experience approach berbantuan media bigbook.
Copyrights © 2024