Penelitian ini mengkaji penerapan moderasi beragama dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) di Madrasah Aliyah (MA) Aceh Utara. Masalah utama yang dihadapi adalah rendahnya penerapan nilai-nilai moderasi beragama di kalangan Generasi Z, yang berpotensi memperburuk intoleransi dan radikalisasi agama. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi kebijakan, internalisasi kurikulum, serta praktik moderasi beragama dalam pembelajaran PAI di MA Aceh Utara, dan bagaimana hal tersebut dapat mendorong toleransi serta kerukunan dalam masyarakat multikultural Indonesia. Menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus, penelitian ini mengumpulkan data melalui observasi, wawancara dengan pihak Kementerian Agama, pimpinan madrasah, guru PAI, dan siswa MA di Aceh Utara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan moderasi beragama yang melibatkan nilai-nilai toleransi, keseimbangan, dan penghargaan terhadap keberagaman dapat membentuk sikap terbuka dan damai pada siswa. Pengintegrasian nilai-nilai moderasi beragama dalam kurikulum dan kegiatan ekstrakurikuler turut berperan penting dalam membangun karakter siswa yang moderat dan toleran. Penelitian ini menyarankan agar kebijakan moderasi beragama diperluas dan diterapkan lebih luas di Indonesia, sebagai langkah untuk menciptakan kedamaian dan kerukunan di tengah masyarakat yang majemuk.
Copyrights © 2024