Jurnal DIDIKA: Wahana Ilmiah Pendidikan Dasar
Vol. 10 No. 2 (2024): JURNAL DIDIKA : WAHANA ILMIAH PENDIDIKAN DASAR

Implementasi Pendekatan Pembelajaran Saintifik Dalam Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) di Sekolah Dasar

Azmi Waliyyuddin (Unknown)
Amalia Azzahra (Unknown)
Boro Pinem, Chinchin Miratiani (Unknown)
Elsa Marchefania (Unknown)
Mira Humairoh (Unknown)
Dona, Rahma (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Dec 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi penerapan pendekatan saintifik dalam pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) di sekolah dasar. Penelitian ini menggunakan metode studi kepustakaan, melibatkan pengumpulan data dari beberapa sumber literatur, seperti jurnal ilmiah, buku, serta dokumen lainnya. Data yang diperoleh dari penelitian ini menggunakan analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendekatan saintifik efektif dalam mengajar IPA di sekolah dasar. Metode saintifik dapat meningkatkan kreativitas, keaktifan belajar, keterampilan berpikir kritis, hasil belajar, dan kemampuan pemecahan masalah siswa dalam materi pembelajaran IPA. Pendekatan ini memiliki efek positif yang signifikan bagi siswa dan guru, dan memungkinkan siswa untuk mengaitkan konsep Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) dengan kehidupan sehari-hari.

Copyrights © 2024