Jurnal DIDIKA: Wahana Ilmiah Pendidikan Dasar
Vol. 10 No. 2 (2024): JURNAL DIDIKA : WAHANA ILMIAH PENDIDIKAN DASAR

Pengaruh Penggunaan Make Belief Comix Terhadap Literasi Digital Siswa Kelas V SD Negeri 35 Palembang

mimamhidayatulla (Unknown)
Murjainah (Unknown)
Aan Suriadi (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Dec 2024

Abstract

Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan make belief comix terhadap literasi digital siswa kelas V SD Negeri 35 Palembang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian Quasi-Eksperimen atau Eksperimen Semu dengan desain Post-test Only, Non-Equivalent Control Group Design. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas V SD N 35 Palembang dengan sampel penelitian yaitu siswa kelas V.A sebagai kelas Eksperimen dan V.B sebagai kelas Kontrol. Berdasarkan hasil posttes yang telah dilakukan bahwa nilai rata-rata antara kelas eksperimen dan kelas kontrol berbeda dengan rata-rata nilai kelas eksperimen yaitu 80,00 dan kelas Kontrol yaitu 65,00 dengan perbedaan 15% sehingga dapat dikatakan nilai posttest kelas eksperimen lebih besar dari pada kelas kontol. Jika dilihat dari hasil uji normalitas dengan taraf sig. ≥ 0,05 maka dapat yang diperoleh kelas eksperimen yaitu 0,200 ≥ 0,05 dan kelas kontrol 0,200 ≥ 0,05. Sedangkan berdasarkan hasil uji Independent Sample T-test diperoleh nilai sig.(2-tailed) 0,003 < 0,05 atau diperoleh nilai Thitung = 31,188 ≥ 2.019 maka H0 ditolak dan Ha diterima. Jadi demikian, bahwa penggunaan Make Belief Comix berpengaruh Terhadap Literasi Digital Siswa Kelas V SD Negeri 35 Palembang.

Copyrights © 2024