Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan make belief comix terhadap literasi digital siswa kelas V SD Negeri 35 Palembang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian Quasi-Eksperimen atau Eksperimen Semu dengan desain Post-test Only, Non-Equivalent Control Group Design. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas V SD N 35 Palembang dengan sampel penelitian yaitu siswa kelas V.A sebagai kelas Eksperimen dan V.B sebagai kelas Kontrol. Berdasarkan hasil posttes yang telah dilakukan bahwa nilai rata-rata antara kelas eksperimen dan kelas kontrol berbeda dengan rata-rata nilai kelas eksperimen yaitu 80,00 dan kelas Kontrol yaitu 65,00 dengan perbedaan 15% sehingga dapat dikatakan nilai posttest kelas eksperimen lebih besar dari pada kelas kontol. Jika dilihat dari hasil uji normalitas dengan taraf sig. ≥ 0,05 maka dapat yang diperoleh kelas eksperimen yaitu 0,200 ≥ 0,05 dan kelas kontrol 0,200 ≥ 0,05. Sedangkan berdasarkan hasil uji Independent Sample T-test diperoleh nilai sig.(2-tailed) 0,003 < 0,05 atau diperoleh nilai Thitung = 31,188 ≥ 2.019 maka H0 ditolak dan Ha diterima. Jadi demikian, bahwa penggunaan Make Belief Comix berpengaruh Terhadap Literasi Digital Siswa Kelas V SD Negeri 35 Palembang.
Copyrights © 2024