Pedagogy : Jurnal Pendidikan Matematika
Vol. 9 No. 2 (2024): Pedagogy : Jurnal Pendidikan Matematika

KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS PESERTA DIDIK DITINJAU DARI SELF DIRECTED LEARNING

Furaidah, Shofiyah (Unknown)
Triyana, Illah Winiati (Unknown)



Article Info

Publish Date
29 Nov 2024

Abstract

Kemampuan pemecahan masalah dibutuhkan peserta didik untuk menyelesaikan masalah baik di luar ataupun di dalam konteks matematika. Peserta didik membutuhkan self directed learning untuk mengelola pembelajarannya secara mandiri serta mengambil inisiatif untuk mencapai tujuan pembelajarannya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menggambarkan kemampuan pemecahan masalah matematis serta self directed learning yang telah dimiliki peserta didik, kemudian menganalisis apakah ada perbedaan kemampuan pemecahan masalah matematis antara peserta didik yang memiliki self directed learning tinggi, sedang, maupun rendah. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif komparatif dengan pendekatan kuantitatif. Peneliti menggunakan seluruh peserta didik kelas X di MA Assa’idiyah Tanggulrejo Manyar sebagai subjek dalam penelitian. Metode pengumpulan data pada penelitian dilakukan dengan cara memberikan angket self directed learning dan tes kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa ada perbedaan kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik yang signifikan antara peserta didik yang memiliki self directed learning tinggi, sedang, dan rendah. Kata kunci: Pemecahan Masalah, Self Directed Learning, Pendidikan Matematika.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

pedagogy

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

Jurnal ini bertujuan untuk menyediakan wadah bagi akademisi, peneliti, dan praktisi untuk menerbitkan artikel penelitiannya. Ruang lingkup artikel yang diterbitkan dalam jurnal ini membahas berbagai topik yang terkait dengan pembelajaran ...