Bosowa Journal of Education
Vol 5 No 1 (2024): Bosowa Journal of Education, Desember 2024

Efektivitas Model RADEC dalam Peningkatan Higher Order Thinking Skills Siswa pada Pembelajaran Tematik UPT SPF SD Negeri Bawakaraeng II Makassar

Sarira, Abner Buttu (Unknown)
Yunus, Muhammad (Unknown)
Hamid, Sundari (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Dec 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penerapan model RADEC dalam peningkatan higher order thinking skills siswa pada pembelajaran tematik UPT SPF SD Negeri Bawakaraeng II Makassar. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif desain eksperimen rancangan nonequivalent control group design. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan terdapat peningkatan higher order thinking skills siswa pada pembelajaran tematik, hal tersebut didukung nilai posttest pada kelas eksperimen jauh lebih meningkat dibandingkan pada kelas kontrol. Hal lain yang mendukung yaitu, pada pengujian hipotesis menunjukkan output uji hipotesis pada sig (2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05. Pengujian N-Gain menunjukkan nilai rata-rata N-Gain score pada kelas eksperimen adalah 61,8948 atau 61.9% termasuk dalam kategori cukup efektif. Dari data tersebut menunjukkan hasil bahwa, penerapan model RADEC cukup efektif dalam peningkatan higher order thinking skills siswa pada pembelajaran tematik UPT SPF SD Negeri Bawakaraeng II Makassar. This study aims to determine the effectiveness of the application of the RADEC model in improving students' higher order thinking skills in thematic learning UPT SPF SD Negeri Bawakaraeng II Makassar. The type of research used in this study is quantitative experimental design nonequivalent control group design. The data collection techniques used are tests, observation, and documentation. The results showed that there was an increase in students' higher order thinking skills in thematic learning, this was supported by posttest scores in the experimental class much increased than in the control class. Another thing that supports is that hypothesis testing shows a hypothesis test output at sig (2-tailed) of 0.000 < 0.05. The N-Gain test showed that the average N-Gain score in the experimental class was 61.8948 or 61.9% included in the category of quite effective. From these data, it shows the results that the application of the RADEC model is effective in improving students' higher order thinking skills in thematic learning UPT SPF SD Negeri Bawakaraeng II Makassar.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jpe

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Social Sciences Other

Description

Bosowa Journal of Education menerbitkan artikel yang pada bidang pendidikan dasar, pendidikan bahasa inggris, pendidikan sains, pendidikan matematika, pendidikan bahasa dan sastra indonesia dan pendidikan anak usia ...