Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh penggunaan media audio-visual dan motivasi belajar terhadap hasil belajar siswa kelas V di UPT SDN 25 Mengkendek, Tana Toraja. Pendekatan yang digunakan adalah kuantitatif deskriptif dengan jenis penelitian eksperimen semu. Subjek penelitian adalah 200 siswa kelas V yang dipilih secara acak. Data dikumpulkan melalui kuesioner yang mengukur dua variabel utama, yakni penggunaan media audio-visual dan motivasi belajar, serta hasil belajar siswa yang diukur melalui nilai akademik. Analisis data dilakukan dengan menggunakan teknik analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media audio-visual memberikan kontribusi signifikan terhadap hasil belajar siswa, dengan pengaruh sebesar 58%. Selain itu, motivasi belajar juga berperan penting, memberikan pengaruh sebesar 41% terhadap hasil belajar. Temuan ini menunjukkan bahwa media audio-visual dan motivasi belajar memiliki peran yang saling mendukung dalam meningkatkan hasil belajar siswa. Oleh karena itu, disarankan kepada pihak sekolah untuk terus mengembangkan dan memanfaatkan media pembelajaran yang lebih variatif dan menarik serta meningkatkan upaya untuk meningkatkan motivasi belajar siswa. Dengan demikian, diharapkan hasil belajar siswa dapat meningkat, sekaligus mempersiapkan mereka dengan keterampilan yang sesuai dengan perkembangan teknologi. This study aims to analyze the impact of audio-visual media usage and learning motivation on the learning outcomes of fifth-grade students at UPT SDN 25 Mengkendek, Tana Toraja. A descriptive quantitative approach with a quasi-experimental design was used. The research subjects consisted of 200 randomly selected fifth-grade students. Data were collected using questionnaires to measure two main variables: the use of audio-visual media, learning motivation, and student learning outcomes, which were assessed through academic scores. Data analysis was conducted using descriptive quantitative techniques. The results revealed that the use of audio-visual media significantly contributed to student learning outcomes, with an influence of 58%. Furthermore, learning motivation played a crucial role, accounting for 41% of the impact on learning outcomes. These findings highlight that both audio-visual media and learning motivation have complementary roles in improving student learning outcomes. Therefore, it is recommended that schools continue to develop and utilize more varied and engaging learning media and enhance efforts to boost student motivation. This is expected to improve student learning outcomes and better equip them with skills aligned with technological advancements.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024