Suatu fenomena hasil pengamatan tim pengabdi dalam proses pembelajaran seni budaya dimana guru sebagai pengajar kurang bermakna karena siswa belatih menari melalui youtube secara mandiri sehingga capaian hasil belajar siswa kurang maksimal. Mitra dari PKM ini adalah siswa SMP Negeri 9 Makassar di Kota Makassar, permasalahan mitra mencakup kurangnya keterampilan menari tari nusantara serta kurangnya kemampuan mitra memanfaatkan beerbagai metode pembelajaran dalam mengembangkan wawasan dan bakat menari. Solusi yang ditawarkan adalah pelatihan menari tari Saman Gayo dalam upaya meningkatkan wawasan seni budaya nusantara. metode pembelajaran pada program PKM pelatihan tari Saman Gayo ini adalah : metode ceramah interaktif, peragaan, demonstrasi dan drill. Metode ceramah interaktif diterapkan saat pemberian materi teori tentang wawasan seni budaya nusantara dan tari Saman Gayo. Pada pemberian materi praktek menggunakan 2 metode sekaligus yaitu peragaan dan demonstrasi. Hasil pengabdian ditampilkan secara intern di lingkungan sekolah, yang memberi pengalaman apresiasi terhadap seni budaya Nusantara baik bagi siswa yang menarikan maupun yang menontonnya.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024