Masalah kesehatan dan gizi global mendorong pentingnya literasi nutrisi, yaitu kemampuan memahami zat makanan dan membuat keputusan tepat terkait pola makan. Pendekatan Etnostem, yang mengintegrasikan pengetahuan lokal dengan sains, teknologi, teknik, dan matematika (STEM), diharapkan memberikan wawasan komprehensif dalam literasi nutrisi. Penelitian ini bertujuan memetakan tren dan perspektif penelitian zat makanan melalui bibliometrik, dengan fokus pada Etnostem dan literasi nutrisi. Metode yang digunakan adalah tinjauan pustaka dengan kata kunci 'ethnostem food testing nutritional literacy' melalui Publish or Perish dan Google Scholar, mencakup publikasi dari 2018 hingga 2024, dan analisis menggunakan VOSviewer. Hasil menunjukkan peningkatan signifikan publikasi tentang literasi nutrisi dan Etnostem, terutama pada 2023. Analisis bibliometrik mengidentifikasi klaster utama, seperti penerapan pendidikan Etnostem, integrasi literasi ilmiah dengan pengetahuan asli, serta penggunaan teknologi dalam pendidikan ethno-science. Visualisasi data memperlihatkan interkoneksi dan evolusi temporal penelitian ini. Kesimpulannya, integrasi Etnostem dalam pendidikan nutrisi memperkaya metode pengajaran dan meningkatkan literasi nutrisi, dengan pentingnya menjembatani pengetahuan tradisional dan ilmiah modern untuk pemahaman holistik nutrisi. Diperlukan upaya lebih lanjut untuk implementasi praktis ethno-STEM dalam kurikulum literasi ilmiah guna meningkatkan pemahaman dan kesehatan.
Copyrights © 2024