Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran interaktif pada materi gerak lokomotor kelas II SD TAHFIDZ AL-JAMIEL dengan menggunakan pendekatan penelitian dan pengembangan (R&D) serta model ADDIE. Tahapan penelitian meliputi analisis kebutuhan, desain media, pengembangan produk, implementasi, dan evaluasi. Hasil validasi oleh ahli materi menunjukkan bahwa media ini sangat layak digunakan, dengan skor tinggi pada aspek kelayakan penyajian, isi, dan bahasa. Penilaian dari ahli desain juga menunjukkan bahwa desain media pembelajaran ini efektif, meskipun masih ada beberapa area yang dapat diperbaiki. Evaluasi oleh guru dan uji coba lapangan memperlihatkan bahwa media ini menarik dan efektif, meskipun penggunaan bahasa perlu disesuaikan lebih lanjut agar lebih mudah dipahami oleh siswa. Hasil analisis uji T pretest dan posttest menunjukkan adanya peningkatan signifikan dalam hasil belajar siswa setelah menggunakan media ini, dengan nilai signifikansi yang jauh lebih kecil dari 0,05. Selain itu, perhitungan N-Gain menunjukkan bahwa sebagian besar siswa mengalami peningkatan belajar yang signifikan, dengan kategori tinggi pada hampir semua peserta. Secara keseluruhan, media pembelajaran interaktif ini terbukti efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa, sehingga dapat menjadi alternatif inovatif yang mendukung pembelajaran di era digital.
Copyrights © 2025