Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi pengaruh penerapan reward dalam meningkatkan motivasi belajar mahasiswa Program Studi Bimbingan dan Konseling Islam (BKI) angkatan 2021 di IAI Sunan Kalijogo Malang. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan desain eksperimen one group pre-test post-test, yang melibatkan 14 mahasiswa sebagai subjek. Data dikumpulkan melalui angket motivasi belajar yang diberikan sebelum dan setelah penerapan reward. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan signifikan dalam motivasi belajar mahasiswa setelah pemberian reward, baik dalam bentuk fisik maupun non-fisik. Hal ini membuktikan bahwa pemberian reward dapat memberikan dampak positif terhadap motivasi belajar mahasiswa. Reward yang digunakan dalam penelitian ini tidak terbatas pada bentuk fisik, namun juga mencakup bentuk non-fisik seperti pengakuan atau apresiasi, yang juga berkontribusi pada peningkatan motivasi. Implikasi dari penelitian ini menunjukkan bahwa pemberian reward perlu dipertimbangkan sebagai salah satu strategi dalam pembelajaran di perguruan tinggi. Hal ini penting agar penerapan reward dapat berjalan efektif dan tidak menjadi tujuan utama dalam proses pembelajaran, namun lebih sebagai alat untuk mendorong mahasiswa agar lebih termotivasi dalam belajar. Oleh karena itu, pemberian reward harus dilakukan dengan bijak untuk mendukung peningkatan kualitas pendidikan.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024