Pembiayaan pendidikan menjadi salah satu kunci penentu kualitas penyelenggaraan pendidikan. Untuk itu, perlu dikelola secara tepat guna dan tepat sasaran. Dalam konteks penelitian ini, ditelaah secara komprehensif dari aspek pelaporan dan pengendalian pembiayaan pendidikan. Untuk menganalisis topik tersebut, maka digunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kepustakaan. Proses pengumpulan data dan pengecekan keabsahan menggunakan data dari sumber kredibel, meliputi Google Scholar, SINTA, DOAJ dan tandfonline. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa pembiayaan pendidikan meliputi aspek biaya investasi, biaya operasional dan biaya personal. Mendukung hal ini, dibutuhkan perencanaan pembiayaan pendidikan yang terukur, meliputi penyusunan Rencana dan Pengembangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Sekolah, sebagai data awal proses penyusunan anggaran (budget). Dengan demikian, pengelolaan semua jenis keuangan, termasuk usaha yang memperoleh atau mengumpulkan dana untuk membiayai aktivitas atau kegiatan program pendidikan, baik secara langsung maupun tidak langsung terkendali dengan efektif dan efisien di sekolah.
Copyrights © 2024