Penelitian ini mengkaji kesesuaian antara implementasi Manajemen Berbasis Sekolah (MBS) di SMP Negeri 3 Madiun dengan konsep Pendidikan 4.0 yang muncul sebagai dampak dari revolusi industri 4.0. Menggunakan pendekatan kualitatif, penelitian ini menganalisis tujuh komponen MBS meliputi manajemen kurikulum, pendidik, kesiswaan, keuangan, sarana prasarana, hubungan sekolah dengan masyarakat, dan layanan khusus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara umum SMP Negeri 3 Madiun telah mengimplementasikan berbagai aspek MBS yang selaras dengan prinsip-prinsip Pendidikan 4.0, seperti pembelajaran berbasis teknologi digital, pelibatan partisipasi siswa, peningkatan kompetensi guru, sistem administrasi dan layanan berbasis digital, serta keterlibatan masyarakat dalam pengembangan kurikulum. Meskipun demikian, masih terdapat ruang untuk peningkatan terutama dalam manajemen layanan khusus berbasis digital. Penelitian ini menyimpulkan bahwa SMP Negeri 3 Madiun telah mempersiapkan diri dengan baik dalam menghadapi Pendidikan 4.0 dan dapat menjadi contoh implementasi bagi sekolah lain
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024