Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa efektivitas penggunaan metode bermain peran legenda Malin Kundang untuk menanamkan nilai-nilai karakter pada siswa sekolah dasar. Latar belakang penelitian ini berfokus pada pentingnya pendidikan karakter sejak usia dini serta potensi metode bermain peran sebagai metode inovatif untuk mencapai tujuan tersebut. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan studi kasus, melibatkan 20 siswa kelas lima, satu guru, dan satu fasilitator permainan peran. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Temuan menunjukkan bahwa aktivitas permainan peran berbasis Malin Kundang secara signifikan meningkatkan pemahaman siswa tentang rasa hormat kepada orang tua, tanggung jawab, kerjasama, dan rasa percaya diri. Siswa yang terlibat dalam permainan peran menunjukkan peningkatan sikap dalam menghormati orang tua dan tanggung jawab pribadi, serta dalam kerjasama dan kedisiplinan. Permainan peran menyediakan konteks kehidupan nyata yang memfasilitasi internalisasi nilai-nilai moral dan sosial yang lebih mendalam dibandingkan dengan metode konvensional, menjadikannya alat yang berharga dalam pendidikan karakter.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024