Abstrak Triage sangat penting dalam mengidentifikasi berat dan ringannya keadaan pasien untuk dilakukan prioritas penganganan oleh perawat triage. Beberapa pasien yang datang ke Instalasi Gawat Darurat (IGD) dilakukan triage dan diberikan tindakan sesuai dengan katagori triage yang telah ditetapkan kepada pasien. Kurangnya pengetahuan keluaga pasien yang menemani pasien saat masuk ke IGD menginginkan pasien diberikan tindakan segera tanpa mengetahui skala prioritas triage yang berlaku di IGD, dalam hal ini sering terjadi kesalahpahaman terkait tindakan yang tidak segera dilakukan oleh perawat kepada pasien. Tujuan dilaksanakannya kegiatan ini adalah untuk memberikan edukasi kepada keluarga pasien tentang sistem triage yang ada di IGD Rumah Sakit. Metode yang digunakan dalam kegiatan pengabdian masyaraat ini yaitu memberikan edukasi system triage dan melakukan wawancara mendalam terkait dengan pengetahuan kepada keluarga pasien tentang system triage di IGD dengan melibatkan keluarga pasien. Hasil pengabdian memberikan pengetahuan yang baik kepada keluarga pasien tentang system triage yang ada di IGD dan memahami skala prioritas tindakan yang dilakukan oleh perawat kepada pasien dari pasien yang mengancam nyawa sampai pasien yang bisa ditunda tindakannya. Kata kunci: IGD, Keluarga Pasien, Pengetahuan, Triage. Abstract Triage is very important in identifying the severity and severity of the patient's condition and treatment priorities and triage nurses must be able to carry out response times quickly, namely <10 minutes, but in some cases there are many cases where patients come to the emergency room. must get help as soon as possible without knowing the triage categorization system carried out in the hospital emergency room. Objective: The aim of carrying out this activity is to provide education to the patient's family about how to identify life-threatening conditions and to determine the level of emergency category that requires immediate priority treatment. Method: The method used in this community service activity is providing education and conducting in-depth interviews regarding knowledge to the families of patients in the emergency department about the role of the Emergency Department (ED) and the triage function in the emergency department. Results: The results of this service can provide good knowledge regarding the function of the ED and the triage system in the ED, so that you understand the actions taken by nurses. Keywords : Emergency Dapertement, Patient Family, Knowledge, Triage
Copyrights © 2025