Penelitian ini mengkaji peran kolaborasi antara sekolah dan orang tua dalam menyelenggarakan Sekolah Ramah Anak (SRA) di TK Himawari Semarang. Menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan pendekatan studi kasus, penelitian ini melibatkan kepala sekolah, guru, dan orang tua murid. Teknik pengumpulan data meliputi observasi, wawancara, dan dokumentasi selama 2-3 bulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kolaborasi efektif terlihat dalam program parenting, komunikasi real-time, dan pertemuan rutin orang tua-guru. Penelitian ini menyimpulkan bahwa pendekatan ekosistem dalam pendidikan anak usia dini, di mana sekolah dan keluarga bekerja sama sebagai mitra setara, sangat penting dalam menciptakan lingkungan belajar yang aman, inklusif, dan mendukung perkembangan holistik anak. Implikasinya, upaya mewujudkan SRA perlu fokus pada penguatan komunikasi, keterlibatan orang tua dalam kurikulum, program parenting, dan proyek-proyek bersama.
Copyrights © 2024