Al-Marsus : Jurnal Manajemen Pendidikan Islam
Vol. 2 No. 1 (2024): Juni 2024

Peran Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Menerapkan Nilai dan Perilaku Islami terhadap Loyalitas Guru di KB Kapalo Koto Padang Pariaman

M, Amzah (Unknown)
Husna, Lailatul (Unknown)
Miftahurrahmah, Miftahurrahmah (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Jun 2024

Abstract

Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi peran kepemimpinan dalam menerapkan nilai dan perilaku Islami kepala sekolah terhadap loyalitas guru di KB Kapalo Koto Padang Pariaman. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan pendekatan wawancara mendalam dan observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kepala sekolah di KB Kapalo Koto menerapkan gaya kepemimpinan transformasional, partisipatif, dan situasional yang berdampak positif pada loyalitas guru. Kepemimpinan transformasional yang diterapkan oleh kepala sekolah mencakup kemampuan untuk menginspirasi dan memotivasi guru melalui visi yang jelas, serta menciptakan suasana kerja yang harmonis dan berorientasi pada pencapaian tujuan bersama. Gaya kepemimpinan situasional juga diterapkan dengan menyesuaikan pendekatan kepemimpinan berdasarkan kondisi dan kebutuhan individu guru. Hal ini berkontribusi pada peningkatan hubungan yang lebih baik antara kepala sekolah dan guru, serta mempengaruhi loyalitas guru terhadap visi dan misi sekolah. Kepala sekolah mengintegrasikan nilai-nilai Islami dalam setiap aspek kepemimpinannya, yang menciptakan lingkungan yang mendukung pembentukan karakter dan komitmen moral guru. Secara keseluruhan, penelitian ini menekankan pentingnya kepemimpinan yang mengedepankan nilai-nilai Islami dan pendekatan yang fleksibel untuk meningkatkan loyalitas guru di KB Kapalo Koto. Kepemimpinan yang diterapkan oleh kepala sekolah tidak hanya berdampak pada loyalitas guru, tetapi juga berkontribusi pada peningkatan kualitas pendidikan yang lebih baik di sekolah tersebut.   Abstract This study aims to explore the role of leadership in implementing the principal's Islamic values and behaviors on teacher loyalty at KB Kapalo Koto Padang Pariaman. The research method used is descriptive qualitative with an in-depth interview and observation approach. The results showed that principals at KB Kapalo Koto apply transformational, participatory, and situational leadership styles that have a positive impact on teacher loyalty. Transformational leadership applied by principals includes the ability to inspire and motivate teachers through a clear vision, as well as creating a harmonious and goal-oriented work atmosphere. The situational leadership style is also applied by adjusting the leadership approach based on teachers' individual conditions and needs. This contributes to better relationships between principals and teachers and influences teachers' loyalty to the school's vision and mission. The principal integrates Islamic values in every aspect of her leadership, which creates a supportive environment for teachers' character building and moral commitment. Overall, this study emphasizes the importance of leadership that promotes Islamic values and a flexible approach to improving teacher loyalty at KB Kapalo Koto. The leadership applied by the principal not only impacts teacher loyalty but also contributes to better education quality in the school.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

almarsus

Publisher

Subject

Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

FOCUS This journal aims to contribute to the advancement of knowledge and practices in the management of Islamic education by showcasing innovative approaches, research findings, and case studies that cater to the diverse needs of education practitioners, policymakers, and researchers in the field. ...