Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Sains Indonesia (JPPSI)
Vol. 7 No. 2 (2024): JPPSI, Oktober 2024

Analisis Kemampuan Literasi Numerasi Peserta Didik Kelas VIII SMP Negeri Se-Kota Makassar dalam Menyelesaikan Soal Asesmen Kompetensi Minimum

Tawil, Muh (Unknown)
Arsyad, Arie Arma (Unknown)
Akram, Muhammad (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Oct 2024

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menggambarkan tingkat kemampuan literasi numerasi siswa kelas VIII SMPN se-Kota Makassar pada tahun ajaran 2022/2023, khususnya dalam aspek kompetensi numerasi. Penelitian ini melibatkan populasi siswa kelas VIII SMPN di Kota Makassar, dengan sampel sebanyak 422 siswa yang dipilih menggunakan teknik stratified random sampling. Instrumen penelitian terdiri dari 20 soal pilihan ganda yang digunakan untuk mengukur kemampuan numerasi. Pengumpulan data dilakukan melalui tes langsung di sekolah, dan analisis data menggunakan teknik statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat kemampuan literasi numerasi siswa berada dalam kategori sangat rendah, dengan persentase 32,95% dan rata-rata skor 6,59.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

JPPSI

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Sains Indonesia (JPPSI) diterbitkan oleh Jurusan Fisika dan Pengajaran IPA Fakultas MIPA Universitas Pendidikan Ganesha. Jurnal ilmiah ini mendiseminasikan artikel dari hasil-hasil penelitian pada bidang pendidikan sains/IPA. Terbit sebanyak dua kali pada bulan ...