Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Sains Indonesia (JPPSI)
Vol. 7 No. 2 (2024): JPPSI, Oktober 2024

Evaluasi Kemampuan Guru dalam Menggunakan Media Pembelajaran IPA Berbantuan Canva

Darmayanti, Ni Wayan Sri (Unknown)
Pratama, Angga Krisna (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Oct 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi kemampuan guru di SD Negeri Manduang dalam menggunakan aplikasi Canva sebagai media pengajaran mata pelajaran IPA. Dengan menggunakan pendekatan kuantitatif deskriptif, subjek penelitian terdiri dari enam guru di sekolah. Data dikumpulkan melalui kuesioner yang mencakup lima aspek kemampuan dalam menggunakan Canva, seperti pemahaman konsep sains, pengoperasian fitur, kreativitas, evaluasi media, dan implementasi dalam pengajaran. Hasil penelitian yang dihitung melalui persentase, rata-rata, atau distribusi frekuensi penilaian kinerja guru, mengungkapkan bahwa sebelum pendampingan, hanya satu guru yang dikategorikan baik, sedangkan tiga guru dikategorikan sebagai di bawah rata-rata. Setelah pendampingan, jumlah guru dalam kategori baik meningkat menjadi empat, dan tidak ada guru dalam kategori di bawah rata-rata. Temuan ini menunjukkan bahwa pendampingan tersebut efektif dalam meningkatkan kemampuan guru dalam menggunakan aplikasi Canva. Dianjurkan agar pelatihan berkelanjutan dilakukan untuk membantu guru mengoptimalkan penggunaan teknologi dalam proses pembelajaran. Studi ini menyoroti pentingnya media pengajaran berbasis teknologi dalam meningkatkan kualitas pendidikan, khususnya pada mata pelajaran IPA, yang membutuhkan pendekatan yang lebih interaktif dan menarik.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

JPPSI

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Sains Indonesia (JPPSI) diterbitkan oleh Jurusan Fisika dan Pengajaran IPA Fakultas MIPA Universitas Pendidikan Ganesha. Jurnal ilmiah ini mendiseminasikan artikel dari hasil-hasil penelitian pada bidang pendidikan sains/IPA. Terbit sebanyak dua kali pada bulan ...