Islamic Management: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam
Vol. 7 No. 001 (2024): Islamic Management: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam Special Issue

ANALISIS SKEMA 4-3-5 DALAM PENYELENGGARAAN HAJI 2024: PERSPEKTIF MANAJEMEN MUTU TERPADU (TQM)

Refiani, Monik (Unknown)
Muhajarah, Kurnia (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Nov 2024

Abstract

Skema 4-3-5 dalam penyelenggaraan haji tahun 2024 menjadi formula terbaru yang dimana skema ini sebagai wujud evaluasi pelaksanaan haji pada tahun sebelumnya. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui tentang penerapan skema 4-3-5 dalam penyelenggaraan haji 2024 serta menganalisis skema tersebut menurut perspektif Manajemen Mutu Terpadu (TQM). Jenis penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Adapun teknik pengumpulan data menggunakan observasi,wawancara, dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan implementasi skema 4-3-5 dalam penyelenggaraan haji terdiri dari empat perdana, tiga pengembangan ekosisitem ekonomi, dan lima inovasi haji. Analisis skema 4-3-5 dalam penyelenggaraan haji berdasarkan Manajemen Mutu Terpadu menunjukkan pelaksanaan pelayanan sudah berjalan dengan baik terutama dalam mencapai kepuasan jemaah dan prinsip perbaikan berkelanjutan, namun pelaksanaan tersebut masih menghadapi sejumlah kendala yang berkaitan dengan implementasi konsep sistem organisasional. Kata Kunci: manajemen mutu terpadu, kebijakan publik, pelayanan

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jim

Publisher

Subject

Education

Description

Islamic Management: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam adalah jurnal berkala ilmiah yang diterbitkan oleh Prodi Manajemen Pendidikan Islam (MPI) Jurusan Tarbiyah STAI Al Hidayah Bogor. Jurnal ini mengkhususkan diri pada pengkajian ilmu manajemen pendidikan Islam. Pengelola menyambut baik kontribusi ...