Epistema
Vol. 5 No. 2 (2024)

Model Pembelajaran Index Card Match Terintegrasi Teknologi untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPAS

Amran, Muhammad (Unknown)
Yulia, Yulia (Unknown)
Rusdianto, Nur Aqilah (Unknown)



Article Info

Publish Date
14 Jan 2025

Abstract

Penelitian ini membahas rendahnya hasil belajar siswa kelas IV UPT SD Negeri 3 Arawa. Penelitian ini bertujuan meningkatkan hasil belajar IPAS siswa kelas IV UPT SD Negeri 3 Arawa melalui model pembelajaran kooperatif tipe index card match. Metode yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan pendekatan kualitatif, dilaksanakan dalam dua siklus yang masing-masing terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian meliputi seorang guru dan 24 siswa (12 laki-laki dan 12 perempuan) tahun ajaran 2023/2024. Data dikumpulkan melalui observasi, tes, dan dokumentasi, setelah itu melakukan analisis terhadap hasil data yang diperoleh dengan teknik kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada siklus I, aktivitas pembelajaran guru, aktivitas siswa, dan hasil belajar siswa berada pada kategori cukup (C). Pada siklus II, ketiga aspek tersebut meningkat ke kategori baik (B). Dengan demikian, penerapan model pembelajaran kooperatif tipe index card match efektif dalam meningkatkan proses dan hasil belajar IPAS siswa kelas IV UPT SD Negeri 3 Arawa.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

epistema

Publisher

Subject

Education

Description

Epistema is a showcase of original and scrupulously conducted research in educational technology. The scope includes curriculum development & course design, innovation in learning, technology in learning, digital technology in education, evaluation of technology application in education and etc. in ...