Sulawesi Tenggara Educational Journal
Vol 4 No 2: Agustus (2024)

Persepsi Mahasiswa Pendidikan Biologi Angkatan 2018 Universitas Sulawesi Barat terhadap Pembelajaran Daring pada Masa Pandemi Covid-19

Damayanti, Mesra (Unknown)
Amaliah, Nur (Unknown)
Jirana, Jirana (Unknown)
Zainuddin, Zainuddin (Unknown)
Megawati, Ruth (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Aug 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi mahasiswa pendidikan biologi angkatan 2018 Universitas Sulawesi Barat terhadap pembelajaran daring dan untuk mengetahui kendala-kendala yang didapatkan mahasiswa dengan penerapan metode pembelajaran daring. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif studi kasus. Data penelitian dikumpulkan melalui angket, wawancara, dan observasi. Data dianalisis melalui 3 prosedur yakni: reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Analisis hasil penelitian dapat diperoleh bahwa penerapan metode pembelajaran daring cukup efektif dan efisien dalam membangun interaksi mahasiswa dan pendidik dalam proses pembelajaran. Melalui metode pembelajaran secara daring dapat membantu pembelajaran sehingga dosen dapat memantau secara daring kegiatan belajar mahasiswa, pengisian daftar hadir, pemberian materi dan tugas kepada mahasiswa. Penggunaannya mudah dipahami meskipun ada beberapa mahasiswa yang belum memahami materi pembelajaran, meski demikian ada beberapa kendala yang diperoleh dalam proses pembelajaran, baik karena dipengaruhi oleh faktor internal maupun eksternal. Beberapa mahasiswa merespon positif terkait pembelajaran daring, menyatakan bahwa metode pembelajaran yang dilakukan secara daring efektif jika berada di wilayah yang dijangkau oleh jaringan. Adapun mahasiswa yang merespon negatif terkait pembelajaran daring, menyatakan bahwa metode pembelajaran yang dilakukan secara daring kurang efektif karena jaringan yang kurang stabil dan cara penyampaian pendidik kadang tidak dipahami dan pembeli kuota internet.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

seduj

Publisher

Subject

Religion Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Sultra Educational Journal (Seduj) adalah terbitan berkala ilmiah yang diterbitkan oleh Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sulawesi Tenggara. Seduj terbit tiga kali dalam setahun pada bulan April, Agustus, dan Desember. Seduj menjadi sarana publikasi bagi para akademisi, peneliti, dan ...