Edu Sains: Jurnal Pendidikan Sains dan Matematika
Vol 3, No 1 (2015): Volume 3 Nomor 1 Tahun 2015

PERBANDINGAN PENGGUNAAN MULTIMEDIA INTERAKTIF ADOPSI DENGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF MTSN PADA KONSEP SISTEM PENCERNAAN DI MTSN 1 MODEL PALANGKA RAYA

Susilawati, Susilawati (Unknown)
Jumrodah, Jumrodah ( IAIN Palangkaraya)



Article Info

Publish Date
27 Jun 2016

Abstract

Konsep sistem pencernaan sangat kompleks dan rumit yang bersifat hapalan sehingga sulit dipahami siswa. Pembelajaran dengan menggunakan multimedia interaktif adalah pembelajaran yang menggunakan komputer dengan programmacromedia flash 8 untuk menyajikan dan menggabungkan teks, suara, gambar dan animasi dengan alat bantu dan koneksi (tool dan internet link), sehingga pengguna dapat berinteraksi, dan berkarya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) hasil belajar siswa dengan menggunakan multimedia interaktif adopsi pada konsep sistem pencernaan di MTsN 1 Model Palangka Raya, (2) hasil belajar siswa dengan menggunakan multimedia interaktif MTsN pada konsep sistem pencernaan di MTsN 1 Model Palangka Raya, (3) ada atau tidaknya perbedaan penggunaan multimedia interakti adopsi dengan multimedia interaktif MTsN pada konsep system pencernaan di MTsN 1 Model Palangka Raya. Penelitian ini menggunakan metode comparative (Perbandingan). Subyek penelitian terdiri dari dua kelas VIII yaitu kelas VIII-3 dengan menggunakan multimedia interaktif adopsi dan kelas VIII-2 dengan menggunakan multimedia interaktif MTsN. Penelitian dilakukan di laboratorium komputer MTsN 1 Model Palangka Raya. Multimedia interaktif yang digunakan dikemas dalam bentuk CD. Data dikumpulkan dengan metode tes, dan dokumentasi. Data hasil tes dianalisis dengan uji-t.Dari hasil analisis data diperoleh: (1) rata-rata hasil belajar siswa menggunakan multimedia interaktif adopsi adalah 76, (2) rata-rata hasil belajar siswa menggunakan multimedia interaktif MTsN adalah 74, (3) tidak terdapat perbedaan penggunaan multimedia interaktif adopsi dengan multimedia interakti MTsN pada konsep sistem pencernaan di MTsN 1 Model Palangka Raya dapat dilihat dari nilai t0 = 3,4 lebih besar dari nilai tt 0,05 (3,4 > 2,021), maka Hoditerima dan Ha ditolak. Konsep sistem pencernaan dapat diajarkan dengan menggunakan multimedia interaktif adopsi maupun multimedia interaktif MTsN di MTsN 1 Model Palangka Raya, sehingga pembelajaran lebih menarik, bermakna dan menjadikan siswa lebih aktif dalam proses belajar.

Copyrights © 2015






Journal Info

Abbrev

edusains

Publisher

Subject

Education

Description

Edu Sains: Jurnal Pendidikan Sains & Matematika (p-ISSN 2238-4387; e-ISSN 2580-3247) is peer-reviewed journal published biannually in June and December. The Journal is published by Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palangka Raya ...