Edu Sains: Jurnal Pendidikan Sains dan Matematika
Vol 4, No 2 (2016): VOLUME 4 NOMOR 2 DESEMBER 2016

PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN KONSEP PENCEMARAN LINGKUNGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN BERDASARKAN MASALAH UNTUK SMA KELAS X

Fatmawati, Agustina ( Dosen Prodi PGSD Universitas Muhammadiyah Palangka Raya)



Article Info

Publish Date
16 Dec 2016

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan perangkat pembelajaran konsep Pencemaran Lingkungan yang valid, praktis dan efektif untuk digunakan dalam pembelajaran. Jenis penelitian ini adalah Research & Development dan dikembangkan menggunakan model ASSURE. Perangkat pembelajaran yang dikembangkan berupa silabus, RPP, LKS, bahan ajar, media pembelajaran dan Lembar Penilaian. Rancangan ujicoba perangkat pembelajaran menggunakan tiga tahap, yaitu validasi ahli, uji kelompok kecil dan uji lapangan. Subjek penelitian adalah 56 orang siswa SMA Negeri 12 Banjarmasin semester genap tahun ajaran 2013/2014. Seluruh data diperoleh dari instrumen pengumpulan data dan dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) perangkat pembelajaran sudah memiliki kualitas yang cukup valid dan layak untuk digunakan, hal ini berdasarkan hasil validasi ahli yang mencapai kategori cukup valid. (2) Perangkat pembelajaran sudah praktis untuk digunakan dalam kegiatan pembelajaran, hal ini berdasarkan hasil keterlaksanaan RPP yang tergolong sangat baik dan respon siswa yang positif. (3) Penerapan perangkat pembelajaran yang dikembangkan ternyata efektif untuk menunjang kegiatan pembelajaran, hal ini berdasarkan hasil belajar kognitif produk yang mencapai ketuntasan hasil belajar (individual dan klasikal), hasil belajar kognitif proses tergolong baik, hasil belajar psikomotor siswa tergolong baik, perilaku berkarakter siswa (rasa syukur: kriteria sangat baik, disiplin dan tanggungjawab: kriteria baik), dan keterampilan sosial siswa (bekerjasama, menyumbang ide dan menjadi pendengar yang baik: kriteria baik). Dengan demikian, perangkat pembelajaran yang dikembangkan sudah cukup valid, praktis dan efektif untuk digunakan dalam pembelajaran.Kata kunci : perangkat pembelajaran, pencemaran lingkungan, model pembelajaran berdasarkan masalah

Copyrights © 2016






Journal Info

Abbrev

edusains

Publisher

Subject

Education

Description

Edu Sains: Jurnal Pendidikan Sains & Matematika (p-ISSN 2238-4387; e-ISSN 2580-3247) is peer-reviewed journal published biannually in June and December. The Journal is published by Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palangka Raya ...