Pembiayaan pendidikan sangat penting untuk kebutuhan operasional dan penyelenggaraan sekolah, yang mencakup administrasi sekolah, pemeliharaan dan pengadaan sarana dan prasarana, gaji, dan kesejahteraan pegawai. Fokus penelitian ini adalah pengawasan pembiayaan di SMK MU Cimerak. Tujuannya adalah untuk melihat bagaimana anggaran pendidikan digunakan dan diawasi untuk memastikan bahwa dana digunakan dengan efisien dan efektif. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif, dan pengumpulan data dilakukan melalui dokumentasi, wawancara, dan observasi. Di SMK MU Cimerak, kepala sekolah, wakil kepala sekolah, guru, dan komite sekolah adalah subjek penelitian. Metode analisis model interaktif yang dikembangkan oleh Miles dan Huberman digunakan untuk menganalisis data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa SMK MU Cimerak telah menggunakan anggaran sesuai dengan petunjuk teknis dari Dinas Pendidikan. Namun, ada masalah pengawasan yang perlu diperbaiki untuk memenuhi kebutuhan khusus sekolah. Setiap penggunaan dan pengeluaran dana diawasi untuk menjamin transparansi dan akuntabilitas pengelolaan dana pendidikan. Studi ini menunjukkan bahwa pengawasan yang baik dapat berdampak positif terhadap peningkatan kualitas pendidikan dan meningkatkan efektivitas dan efisiensi penggunaan dana pendidikan.
Copyrights © 2024