Jurnal Komposisi
Vol 9, No 2 (2024): JURNAL KOMPOSISI

Profil Kognitif Anak Disleksia dalam Pemahaman Teks Bacaan: Studi Kasus di SDN Pagagan 2

Riskiyah, Rina (Unknown)
Harsono, Harsono (Unknown)



Article Info

Publish Date
19 Dec 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan profil kognitif anak dengan disleksia dalam pemahaman teks bacaan serta menelaah berbagai pendekatan intervensi yang digunakan dalam pendidikan untuk anak dengan kesulitan belajar, khususnya disleksia. Studi ini mengkaji berbagai sumber pustaka, baik dari penelitian nasional maupun internasional, yang membahas aspek kognitif, perilaku, serta strategi pembelajaran yang efektif bagi anak dengan gangguan membaca. Hasil studi menunjukkan bahwa anak dengan disleksia memiliki profil kognitif yang beragam, yang memengaruhi kemampuan mereka dalam memahami teks, melafalkan kata, serta mengintegrasikan informasi bacaan. Berbagai faktor seperti latar belakang sosial-ekonomi, metode pengajaran, serta dukungan teknologi turut memengaruhi hasil belajar mereka. Pendekatan intervensi seperti metode reading aloud, rehabilitasi kognitif berbasis komputer, serta dukungan guru kelas terbukti memberikan dampak positif dalam membantu siswa meningkatkan kemampuan membaca permulaan. Temuan ini menekankan pentingnya asesmen profil kognitif secara komprehensif dan perlunya pengembangan perangkat pembelajaran yang adaptif bagi siswa dengan disleksia.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jurnal_komposisi

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Jurnal Komposisi merupakan jurnal berkala (2 kali dalam setahun) yang diterbitkan oleh Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. Jurnal ini memuat karya ilmiah yang berkaitan dengan bidang Bahasa, Sastra, dan ...