Munculnya kreativitas usaha ekonomi kreatif merupakan keinginan mengambil tanggung jawab perubahan kemajuan zaman. Masih banyak ditemui ekonomi kreatif yang mengembangkan konsep produknya hanya sederhana dan seringkali dilupakan yaitu pengemasan, padahal pengemasan merupakan alat komunikasi yang bagus kepada konsumen jika di buat konsep yang lebih baik. konsep pelatihan packaging gula semut untuk meningkatkan produktivitas masyarakat dan minat konsumen. Harapannya dengan kegiatan tersebut dapat memberikan pengetahuan dan keterampilan dalam membuat kemasan yang dapat lebih baik dan tentunya sesuai dengan standard yang ditetapkan oleh pemerintah. Penelitian ini dilaksanakan menggunakan metode penelitian kualitatif melalui pendekatan fenomena dan dilakukan penyuluhan secara partisipatif melalui proses pelaksanaan persiapan, mendesain, pengaplikasian produk, penyampaian kegiatan dengan ceramah, diskusi, demonstrasi, dam evaluasi kegiatan. Hasilnya pelatiahan pakckaging memberikan pengetahuan dan kemampuan mitra dalam pembuatan produk gula semut yang dikemas lebih modern meningkatkan daya tarik terhadap produk. Masyarakat ekonomi kreatif dalam pelaksanaan kegiatan pengabdian dapat terbantu dengan menerapkan desain produk yang lebih modern dan menarik. Pengemasan yang lebih modern dengan mencantumkan label akan memberikan nilai jual yang lebih kepada konsumen untuk dapat tertarik dalam membeli produk
Copyrights © 2024