Peningkatan nilai tambah dan daya saing destinasi pariwisata yang berada di kawasan rawan bencana dapat dilakukan melalui perancangan paket wisata edukasi dengan didukung oleh literasi bencana melalui media pemasaran. Dibutuhkan menciptakan dan mempromosikan produk wisata yang dikaitkan dengan tema edukasi dan kebencanaan yaitu melalui perancangan paket wisata edukasi bencana. Artikel ini bertujuan meningkatkan keterampilan mitra pada teknik perancangan paket wisata edukasi bencana melalui pelatihan dan penyusunan paket wisata edukasi bencana. Desain penelitian menggunakan metode Participatory Action Research (PAR) melalui lima tahapan utama yaitu identifikasi potensi wisata edukasi, perancangan pemasaran, sosialisasi program, implementasi program, dan evaluasi program. Inovasi produk yang dihasilkan pada kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat yaitu Paket Wisata Edukasi Bencana. Untuk menghasilkan produk dan inovasi tersebut, terlebih dahulu dirancang paket wisata edukasi bencana sesuai karakteristik wilayah dan kelembagaan yang mengelola Desa Wisata Cikahuripan. Setelah terancangnya paket wisata maka dilakukan pelatihan kepada mitra sasaran dan simulasi paket wisata
Copyrights © 2025