Jurnal MediaTIK
Volume 7 Issue 3, September (2024)

Implementasi Project Based Learning (PjBL) Menggunakan Canva untuk Meningkatkan Keterampilan Desain Grafis dan Motivasi Belajar Siswa Jurusan TKJ di SMK

Husni Mubarak (Unknown)



Article Info

Publish Date
25 Nov 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis efektivitas implementasi Project Based Learning (PjBL) menggunakan Canva dalam meningkatkan keterampilan desain grafis dan motivasi belajar siswa jurusan Teknik Komputer dan Jaringan (TKJ) di SMK. Penelitian ini menggunakan desain quasi-experimental dengan pretest-posttest control group design. Sampel penelitian terdiri dari dua kelas XI TKJ di SMK Negeri 10 Makassar, satu kelas sebagai kelas eksperimen (menerapkan PjBL menggunakan Canva) dan satu kelas sebagai kelas kontrol (menerapkan pembelajaran konvensional). Data dikumpulkan melalui tes keterampilan desain grafis, skala motivasi belajar, dan lembar observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan signifikan antara kelas eksperimen dan kelas kontrol dalam hal peningkatan keterampilan desain grafis dan motivasi belajar. Siswa di kelas eksperimen menunjukkan peningkatan yang lebih tinggi dalam kedua variabel tersebut dibandingkan dengan siswa di kelas kontrol. Hasil observasi juga menunjukkan bahwa siswa di kelas eksperimen lebih aktif, terlibat, dan kreatif dalam proses pembelajaran. Penelitian ini menyimpulkan bahwa PjBL menggunakan Canva merupakan pendekatan pembelajaran yang efektif untuk meningkatkan keterampilan desain grafis dan motivasi belajar siswa SMK jurusan TKJ.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

MediaTIK

Publisher

Subject

Computer Science & IT Education Social Sciences Other

Description

Jurnal MediaTIK is published by the Informatics and Computer Engineering Education Study Programme of Makassar State University in collaboration with Phinisi Skyline Indonesia. The Media TIK journal is published periodically three times a year, containing articles on research results and / or ...