Operasi bentuk aljabar merupakan salah satu materi yang penting diajarkan di SMP, karena pembelajaran aljabar sangat bermanfaat bagi siswa dalam memahami materi yang lain maupun konsep aljabar di jejang pendidikan yang lebih tinggi. Penelitian ini mengkaji bagaimana meningkatkan hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head together ( NHT) pada materi operasi bentuk aljabar di kelas VII SMP. Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) pada materi operasi bentuk aljabar di kelas VII SMP. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (classroom action research) dengan teknik pengumpulan data melalui lembar observasi dan tes akhir siklus. Subjek dalam penelitian, yaitu 20 orang siswa. Hasil penelitian menujukan bahwa dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) terdapat peningkatan hasil belajar dimana hasil tes siklus I yang mencapai kriteria ketuntasan minimal (KKM) lebih dari atau sama dengan 60 (≥60) adalah 6 orang siswa dengan persentase 30%. Pada siklus II yang mencapai kriteria ketuntasan minimal (KKM) lebih dari atau sama dengan 60 (≥60) adalah 13 orang siswa dengan persentase 65%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VII SMP pada materi operasi bentuk aljabar.
Copyrights © 2024