Kegiatan pengabdian kepada masyarakat diadakan dalam rangka upaya peningkatan kualitas pengelolaan homestay di Kawasan Desa Cipanas, Cianjur, Jawa Barat, pentingnya para pemilik dan pengelola Homestay untuk menyadari pentingnya kualitas layanan yang diberikan kepada pelanggan. Hal ini berfungsi untuk menunjang perkembangan sektor pariwisata yang berkelanjutan yang menjadi agenda dunia. Pelatihan keterampilan bagi para pemilik dan pengelola dan homestay di daerah Cipanas ini diharapkan dapat meningkatkan kualitas pelayanan, manajemen, serta keterampilan teknis dalam pengelolaan homestay. Metode yang dilakukan pada pelatihan ini yaitu Dosen dan Mahasiswa Politeknik Jakarta International Program Studi Pengelolaan Perhotelan memberikan sosialisasi pentingnya menciptakan kualitas dalam Pelayanan homestay, Kebersihan kamar, Kerapian kamar, Keramah Tamahan, Keamanan dan Pemasaran Homestay. Berdasarkan hasil survey yang dilakukan maka disimpulkan bahwa peserta sangat puas dengan pelatihan yang dilakukan dan materi yang disampaikan. Jurnal ini bertujuan untuk mengeksplorasi efektivitas pelatihan keterampilan pengelolaan homestay dalam meningkatkan kapasitas pengelola homestay dan dampaknya terhadap kepuasan wisatawan serta keberlanjutan usaha homestay yang ada di Desa Cipanas, Cianjur, Jawa Barat.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024