Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi dan menganalisis pengelolaan sarana dan prasarana di SLBN Prof. Dr. Sri Soedewi Kota Jambi dengan fokus pada efektivitas penggunaan, pemeliharaan, dan pengelolaan fasilitas pendidikan. Tujuan lainnya adalah memberikan rekomendasi untuk meningkatkan kualitas layanan pendidikan bagi siswa berkebutuhan khusus. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan desain studi kasus. Data dikumpulkan melalui wawancara mendalam dengan wakil kepala sekolah yang bidang sarana dan prasarana, kepala jurusan autisme, dan salah satu guru keterampilan. Observasi langsung terhadap fasilitas sekolah juga dilakukan untuk mendapatkan gambaran yang lebih akurat. Selain itu, dokumen pendukung seperti laporan penggunaan dan pemeliharaan fasilitas dianalisis untuk melengkapi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengelolaan sarana dan prasarana di SLBN ini sudah berjalan cukup baik. Namun, terdapat tantangan terkait pemeliharaan fasilitas dan penyediaan alat bantu yang sesuai dengan kebutuhan siswa berkebutuhan khusus. Beberapa fasilitas memerlukan perbaikan dan pembaruan untuk mendukung kenyamanan serta efektivitas proses pembelajaran. Penelitian ini merekomendasikan penguatan perencanaan, pelaksanaan evaluasi rutin terhadap fasilitas yang ada, dan optimalisasi alokasi anggaran. Langkah-langkah tersebut diharapkan dapat meningkatkan efektivitas pengelolaan fasilitas, sehingga berdampak positif pada kualitas layanan pendidikan di SLBN.
Copyrights © 2024