Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kesiapan dan minat mahasiswa Program Studi Pendidikan Akuntansi FKIP Universitas Sebelas Maret (UNS) dalam pelaksanaan program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM). Metode yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan studi kasus, melibatkan wawancara mendalam untuk memahami perspektif mahasiswa. Hasil penelitian menunjukkan variasi signifikan dalam kesiapan mahasiswa, di mana banyak yang merasa kurang mendapatkan informasi memadai tentang MBKM. Informasi yang terbatas dan tidak terstruktur dari program studi serta kurangnya bimbingan dan penyuluhan mempengaruhi kesiapan akademik mereka. Dari segi minat, mahasiswa menunjukkan variasi yang luas, dipengaruhi oleh pemahaman tentang program, manfaat yang diperoleh, dan pengalaman pribadi. Minat rendah disebabkan oleh penempatan yang tidak sesuai, seperti di SD daripada di SMA atau SMK yang lebih relevan, serta beban tugas kuliah dan kekhawatiran tentang gangguan waktu kuliah. Penelitian menyimpulkan bahwa peningkatan kesiapan dan minat mahasiswa dalam program MBKM memerlukan informasi yang lebih lengkap dan terstruktur, perbaikan fasilitas pendukung, serta bimbingan dan penyuluhan yang memadai dari Program Studi Pendidikan Akuntansi UNS. Dukungan yang lebih baik akan meningkatkan kesiapan dan motivasi mahasiswa, mendukung tujuan utama program ini dalam memberikan pengalaman belajar holistik dan relevan dengan kebutuhan dunia kerja.
Copyrights © 2024