Jurnal Manajemen dan Penelitian Akuntansi (JUMPA)
Vol 17 No 2 (2024): Juli - Desember

Peran Kualitas Layanan Dalam Meningkatkan Kepuasan Masyarakat Pada Kelurahan Antapani Wetan Kota Bandung

Agustina, Iin (Unknown)
Suryana, Wulan Permatasari (Unknown)



Article Info

Publish Date
14 Dec 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh kualitas pelayanan terhadap tingkat kepuasan masyarakat di Kantor Kelurahan Antapani Wetan. Fokus utama penelitian adalah mengevaluasi sejauh mana kualitas pelayanan yang diberikan mampu memenuhi ekspektasi masyarakat. Data penelitian diperoleh melalui metode studi kepustakaan dan penyebaran kuesioner secara daring kepada masyarakat yang menerima pelayanan di Kantor Kelurahan Antapani Wetan pada April 2023. Dengan menggunakan teknik sampel jenuh, terpilih 62 responden yang memenuhi kriteria sebagai sampel penelitian. Analisis data dilakukan menggunakan metode regresi linear sederhana dengan bantuan perangkat statistik untuk mengidentifikasi hubungan antara variabel kualitas pelayanan dan kepuasan masyarakat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas pelayanan memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan masyarakat. Masyarakat menilai bahwa pelayanan yang diberikan lebih baik karena petugas mampu bertindak adil dalam melayani setiap individu. Selain itu, kenyamanan lingkungan kantor menjadi salah satu faktor penting yang mendukung tingkat kepuasan masyarakat secara keseluruhan. Temuan ini menegaskan pentingnya peningkatan kualitas pelayanan untuk meningkatkan kepuasan masyarakat di instansi pemerintahan.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

JUMPA

Publisher

Subject

Humanities Economics, Econometrics & Finance Social Sciences

Description

Jurnal Manajemen dan Penelitian Akuntansi (JUMPA) adalah jurnal penelitian dibidang manajemen dan akuntansi yang diterbitkan oleh STIE Cendekia Bojonegoro. Jurnal ini terbit 2 kali dalam setahun (Januari-Juni dan Juli-Desember). Fokus jurnal ini dibidang Manajemen (Manajemen Bisnis, Manajemen ...