BIOCHEPHY: Journal of Science Education
Vol. 4 No. 2 (2024)

ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR SCIENTIFIC SISWA DALAM PEMBELAJARAN INQUIRY MENGGUNAKAN MOBILE LEARNING

Khasanah, Khilyah (Unknown)
Erman, Erman (Unknown)
Ilhami, Fasih Bintang (Unknown)



Article Info

Publish Date
02 Dec 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbandingan kemampuan berpikir scientific siswa kelas eksperimen dan kelas kontrol. Penelitian ini menggunakan desain quasi experimental design dengan menggunakan dua kelas. Kelas eksperimen merupakan kelas yang akan diberikan perlakuan pembelajaran inquiry dengan menggunakan mobile learning. Sedangkan kelas kontrol dilakukan pembelajaran inquiry tanpa menggunakan mobile learning. Sampel penelitian ini melibatkan 25 siswa kelas VIIA dan 25 siswa kelas VIIB SMPN 1 Sooko sebagai subjek penelitian dengan menggunakan instrumen soal kemampuan berpikir scientific yang telah divalidasi. Intrumen soal digunakan sebagai teknik mengumpulkan data untuk mengukur kemampuan berpikir scientific. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kemampuan berpikir scientific siswa kelas VIIA sebagai kelas eksperimen mengalami peningkatan pada setiap indikator kemampuan berpikir scientific. Sedangkan hasil penelitian kemampuan berpikir scientific siswa pada kelas eksperimen mengalami peningkatan dan penurunan. Peningkatan pada setiap indikator dapat dipengaruhi oleh model pembelajaran dan perangkat pembelajaran.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

biochephy

Publisher

Subject

Education

Description

BIOCHEPHY: Journal of Science Education is an open-access journal published by the MO.RI Publishing. This journal aims to provide a forum for researchers, educators, teachers, trainer, and other practitioners to present their latest research papers on the results of the study and review of the ...