Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar siswa dengan menggunakan media video animasi powtoon pada materi bumi dan tata surya. Jenis penelitian ini yaitu pre-experimental design dengan rancangan one group pre-test post-test design. Analisis data pada penelitian ini menggunakan Uji Normalitas, Uji T-Test, dan N-Gain. Berdasarkan data yang telah diperoleh dalam penelitian ini dinyatakan bahwa data berdistribusi normal dengan nilai sig. pretest dan posttest sebesar 0,068 dan 0,067. Sedangkan, untuk nilai T-Test teridentifikasi dari Sig. (2-tailed) dengan 0,00<0,05 sehingga terdapat perbedaan yang signifikan pada rata-rata nilai pretest dan posttest. Hasil penelitian menunjukkan terjadi peningkatan hasil belajar siswa yang dapat dilihat dari tes kognitif yang dilakukan Peningkatan hasil belajar siswa diperoleh dari N-gain sebesar 0,62 dengan kriteria sedang. Sehingga dapat disimpulkan bahwa media video animasi powtoon pada materi buni dan tata surya dapat membantu siswa dalam meningkatkan kemampuan kognitif.
Copyrights © 2024