BIOCHEPHY: Journal of Science Education
Vol. 4 No. 2 (2024)

PENGGUNAAN MEDIA VIDEO ANIMASI POWTOON PADA MATERI BUMI DAN TATA SURYA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA

Utami, Hikmah Cahya (Unknown)
Purnomo, Aris Rudi (Unknown)



Article Info

Publish Date
07 Dec 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar siswa dengan menggunakan media video animasi powtoon pada materi bumi dan tata surya. Jenis penelitian ini yaitu pre-experimental design dengan rancangan one group pre-test post-test design. Analisis data pada penelitian ini menggunakan Uji Normalitas, Uji T-Test, dan N-Gain. Berdasarkan data yang telah diperoleh dalam penelitian ini dinyatakan bahwa data berdistribusi normal dengan nilai sig. pretest dan posttest sebesar 0,068 dan 0,067. Sedangkan, untuk nilai T-Test teridentifikasi dari Sig. (2-tailed) dengan 0,00<0,05 sehingga terdapat perbedaan yang signifikan pada rata-rata nilai pretest dan posttest. Hasil penelitian menunjukkan terjadi peningkatan hasil belajar siswa yang dapat dilihat dari tes kognitif yang dilakukan Peningkatan hasil belajar siswa diperoleh dari N-gain sebesar 0,62 dengan kriteria sedang. Sehingga dapat disimpulkan bahwa media video animasi powtoon pada materi buni dan tata surya dapat membantu siswa dalam meningkatkan kemampuan kognitif.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

biochephy

Publisher

Subject

Education

Description

BIOCHEPHY: Journal of Science Education is an open-access journal published by the MO.RI Publishing. This journal aims to provide a forum for researchers, educators, teachers, trainer, and other practitioners to present their latest research papers on the results of the study and review of the ...