BIOCHEPHY: Journal of Science Education
Vol. 4 No. 2 (2024)

IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN IPA DALAM MENUMBUHKAN SIKAP PEDULI LINGKUNGAN SISWA SEKOLAH ADIWIYATA

Jannah, An-Nisa Mutiara Rizky (Unknown)
Sari, Dhita Ayu Permata (Unknown)
Puspitarini, Sapti (Unknown)



Article Info

Publish Date
07 Dec 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan sikap peduli lingkungan siswa melalui keterlaksanaan pembelajaran IPA di salah satu sekolah adiwiyata. Jenis penelitian menggunakan deskriptif kualitatif dengan desain studi kasus tunggal (single case study). Teknik pengumpulan data melalui observasi, analisis dokumen, dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan pembelajaran IPA dalam menumbuhkan sikap peduli lingkungan dilakukan dengan menerapkan 1) tujuan pembelajaran berlandaskan lingkungan yang dibuat sesuai dengan capaian pembelajaran, 2) bahan ajar dan media pembelajaran dikaitkan dengan isu lingkungan 3) model pembelajaran menggunakan pendekatan yang menekankan keaktifan siswa atau Student Centered Learning, 4) pembelajaran yang memadukan pengetahuan konseptual serta prosedural dalam memecahkan masalah lingkungan, 5) penugasan berkaitan dengan lingkungan, 6) pembuatan karya dilakukan sesuai dengan tujuan pembelajaran, 7) pengetahuan lingkungan hidup yang didapat untuk mengatasi permasalahan lingkungan di kehidupan. Hal ini didukung data wawancara bersama guru IPA yang menyatakan bahwa membiasakan siswa terlibat langsung dengan lingkungan sehingga memiliki kemampuan berpikir kritis terhadap pengelolaan lingkungan hidup.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

biochephy

Publisher

Subject

Education

Description

BIOCHEPHY: Journal of Science Education is an open-access journal published by the MO.RI Publishing. This journal aims to provide a forum for researchers, educators, teachers, trainer, and other practitioners to present their latest research papers on the results of the study and review of the ...