BIOCHEPHY: Journal of Science Education
Vol. 4 No. 2 (2024)

IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA SMP

Mardhatillah, Wilda (Unknown)
Nurita, Tutut (Unknown)



Article Info

Publish Date
07 Dec 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan keterampilan berpikir kritis siswa di salah satu MTs di Sumenep setelah penerapan model pembelajaran inkuiri terbimbing. Metode yang digunakan adalah desain pre-eksperimental dengan rancangan one group pretest posttest design, di mana hanya ada satu kelompok siswa yang terlibat, dan mereka menjalani dua tes: pretest sebelum perlakuan dan posttest setelah perlakuan. Subjek penelitian ini terdiri dari 24 siswa kelas VIII di MTs tersebut. Data dikumpulkan melalui tes pretest dan posttest. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan signifikan dalam keterampilan berpikir kritis siswa pada materi getaran, dengan skor N-Gain sebesar 0,64 yang menunjukkan peningkatan dalam kategori sedang. Berdasarkan hasil tersebut, dapat disimpulkan bahwa implementasi model pembelajaran inkuiri terbimbing efektif dalam meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa pada materi getaran.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

biochephy

Publisher

Subject

Education

Description

BIOCHEPHY: Journal of Science Education is an open-access journal published by the MO.RI Publishing. This journal aims to provide a forum for researchers, educators, teachers, trainer, and other practitioners to present their latest research papers on the results of the study and review of the ...